Sabtu, 22 September 2012

manfaat tekhnologi




     1.   Internet sebagai Sarana  untuk berdakwah
 Hadirnya akses internet merupakan media yang tidak bisa dihindari karena sudah menjadi peradaban baru dalam dunia informasi dan komunikasi tingkat global. Dengan adanya akses internet, maka sangat banyak informasi yang dapat dan layak diakses oleh masyarakat internasional, baik untuk kepentingan pribadi, pendidikan, bisnis dan lain-lain. Dimana munculnya jaringan internet dianggap sebagai sebuah revolusi dalam dunia komunikasi dan informasi.
 Pada saat pertama kali internet diperkenalkan oleh para ilmuan barat, hampir dari kebanyakan tokoh Islam merasa curiga dan khawatir akan efek dari temuan teknologi tersebut.  Namun kenyataanya  jaringan internet yang hampir menelan seluruh penjuru dunia adalah merupakan lahan luas yang bisa  menyuarakan kepentingan Islam dengan memperkenalkan, mengajak (dakwah), membela dan memecahkan berbagai problema.
 Dakwah melalui jaringan internet dinilai sangat efektif dan potensial dengan berbagai alasan, diantaranya:
Ø mampu menembus batas ruang dan waktu dalam sekejap dengan biaya dan energi yang relatif terjangkau.
Ø  pengguna jasa internet setiap tahunnya meningkat drastis, ini berarti berpengaruh pula pada jumlah penyerap misi dakwah.
Ø  para pakar dan ulama yang berada dibalik media dakwah via internet bisa lebih konsentrasi dalam menyikapi setiap wacana dan peristiwa yang menuntut status hukum syar’i.
Ø  dakwah melalui internet telah menjadi salah satu pilihan masyarakat. Berbagai situs mereka bebas memilih materi dakwah yang mereka sukai, dengan demikian pemaksaaan kehendak bisa dihindari.
 Cara penyampaian yang variatif  telah membuat dakwah Islamiyah via internet bisa menjangkau segmen yang luas.
 Perlu diingat bahwa keefektifan media ini juga sangat tergantung pad ummat Islam itu sendiri. Artinya kecakapan dan keikhlasan mereka dalam berdakwah via internet, serta kesungguhan mereka dalam meredam segala bentuk perpecahan dan perselisihan intern dalam ummat Islam sangat berpengaruh dalam sukses tidaknya misi suci ini. Untuk itulah diantara kewajiban para pemimpin aliran-aliran dalam Islam agar berusaha semaksimal mungkin untuk dapat merukunkan dan meminimalisisir titik perbedaan dan berusaha mengedepankan titik persamaan.
Terlepas dari pro dan kontra tentang penggunaan internet, setidaknya terdapat tiga motode dakwah melalui internet yaitu :
1.     Dengan menggunakan fasilitas website seperti yang telah dilakukan oleh banyak organisasi Islam maupun tokoh-tokoh ulama. Berdakwah dengan menggunakan fasilitas ini dianggap lebih fleksibel dan luas jika dibandingkan dengan dua fasilitas berikutnya.
2.      Menggunakan fasilitas mailing list dengan mengajak diskusi keagamaan atau mengirim pesan-pesan moral kepada seluruh anggotanya.
3.     Menggunakan fasilitas chatting ynag memungkinkan untuk berinteraksi secara langsung.
Sebenarnya jika dibandingkan dengan dua fasilitas yang telah disebutkan di atas, fasilitas chatting lingkupnya lebih sempit sebab kegiatan dakwah melalui fasilitas ini hanya berlangsung pada saat pelaku dakwah sedang on line di internet saja.
2. Kelebihan Internet sebagai Media Dakwah
 Dibandingkan media dakwah yang lain, Internet memiliki tiga keunggulan. Pertama karena sifatnya yang never turn-off (tidak pernah dimatikan) dan unlimited access (dapat diakses tanpa batas). Internet memberi keleluasaan kepada penggunanya untuk mengakses dalam kondisi dan situasi apapun.
 Kedua, Internet merupakan tempat yang tepat bagi mereka yang ingin berdiskusi tentang pengalaman spiritual yang mungkin tidak rasional dan bila dibawa pada forum yang biasa akan mengurangi keterbukaannya. Para saintis biasanya merasa terbatasi oleh koridor ilmiah untuk mengekspresikan suatu pikiran atau pengalaman. Internet menyediakan ruang yang mengakomodasi keinginan mereka untuk merasa bebas membicarakan sesuatu yang di luar kelaziman ilmiah.
 Ketiga, sebagian orang yang memiliki keterbatasan dalam komunikasi sering kali mendapat kesulitan guna mengatasi dahaga spiritual mereka. Padahal mereka ingin sekali berdiskusi dan mendapat bimbingan dari para ulama. Sementara itu ada sebagian orang yang ingin bertanya atau siap berdebat dengan para ulama untuk mencari kebenaran namun kondisi sering tidak memungkinkan. Internet hadir sebagai kawan (atau lawan) diskusi sekaligus pembimbing setia. Para ulama seharusnya dapat menggunakan internet sebagai media efektif untuk mencapai tujuan dakwah.

Dari penjelasan di atas maka dapat dikatakan bahwa masyarakat muslim umumnya dan ulama/da’i secara khsus agar lebih pro aktif dalam turut serta memanfaatkan multi media sebagai sarana berdakwah dan mencari bahan untuk materi dakwah. Kemajuan teknologi semakin hari semakin tidak bisa dibendung, oleh karena itu disamping harus bisa disikapi secara arif juga bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk missi Islam.
 Dengan kecanggihan teknologi dewasa ini, tentunya akan dapat mengurangi beban materi dan energi dalam rangka menjalankan missi dakwah Islamiyah ke antero jagat. Para ulama dan pakar tidak lagi membutuhkan biaya ekstra dan waktu yang lama untuk sekedar menyampaikan dan mencari materi dakwah.
 Jaringan internet dengan segala fasilitasnya yang telah memberi ruang yang cukup bagi kelangsungan aktifitas dakwah islamiyah dengan sasaran yang plural dari berbagai suku dan bangsa harus kita gunakan dengan seefisien mungkin.

           PEKEMBANGAN  AL-QURAN  DI ERA TEKNOLOGI
Pada masa Rasulullah  setiap wahyu  yang turun ditulis di pelepah kurma, kulit binatang , kulit kayu ataupun  media penulisan lainya. Kemudian pada masa khalifah Umar Bin Khatab, ayat-ayat Al-Quran yang tertulis diberbagai tempat tersebut dikumpulkan dan ditulis kedalam sebuah buku. Seiring berkembangya waktu, media penyimpanan Al-Quran semakin berkembang dan sekarang kita bisa membaca Al-Quran dikomputer bahkan melalui selular kita, melalui software Al-Quran digital.
1.     Pengertian, manfaat dan kegunaan  al-quran digital
Al-Quran digital merupakan salah satu produk/tekhnologi terkini dalam hal pemanduan konsep tekhnologi & religi. Al-quran digital dianggap menjadi sebuah jalan baru, bagi perkembangan konsep dakwah  agama islam.Dan keberadaan Al-quran digital merupakan perwujudan dari konsep Al-quran yang selama ini hanya tersedia dalam bentuk cetakan buku. Salah satu hal penting yang menjadi keunggulan Al-quran digital, meski mamiliki bentuk yang berbeda namun kandungan isinya tidak berubah sedikit pun , sehingga tidak perlu ada kekhawatiran dari manusia yang ingin mendengarkan & mengkaji makna Al-quran melalui fasilitas digital tersebut. Media yang digunakan untuk fasilitas Al-quran itu pun bermacam-macam: dlm bentuk software , dikemas melalui  keping cakram & bahkan ada pula perusahaan yang membuat sebuah piranti seperti flashdisk yang khusus memutar lantunan ayat suci Al-quran beserta tafsirannya.
         
Beberapa manfaat Al-Quran digital
1.     Memudahkan kita untuk bisa menyimak lantunan ayat suci Al-quran dimana saja. Baik itu saat dalam perjalanan jauh melalui perangkat komputer bahkan melalui seluler anda.
2.     Lebih praktis  dalam hal penyimpanan, karena tidak membutuhkan tempat khusus.
3.     Mudah dibawa kemana saja/dibagikan kepada siapa saja yang membutuhkan tempat khusus.
4.     Lebih aman akan terhindar dari resiko rusak seperti sobek/ terkena kotoran sebagaimana jika kita menyimpan Al-quran dalam bentuk buku.
5.     Dengan bantuan tekhnologi Al-quran digital ini akan memudahkan manusia untuk semakin mengenal & mndekatkan pada kitab suci umat islam tersebut.
Dan juga banyak manfaat dalam sekeping CD Al-Quran digital diantaranya:
1.     Tulisan Arab dan terjemah bisa dicopy ke Microsoft Word, memudahkan Anda yang sedang menulis buku, tesis, desertasi, skripsi, makalah, majalah, bulletin. Anda hanya tinggal copy paste saja.
2.     Terjemah dua bahasa : Indonesia dan Inggris. Bagi Anda yang sedang menterjemah buku atau naskah dari Indonesia ke Inggris atau sebaliknya, Fasilitas ini akan sangat membantu penterjemahan ayat.
3.     Suara tartil. Suara bacaan Alquran Tartil bersama dengan tampilnya tulisan Arab plus terjemah ayat yang sedang dibaca. Anda yang baru belajar membaca seakan Anda diberi contoh membacanya dengan benar. Anda yang ingin menghayati makna Al Quran Anda bisa membaca artinya sambil mendengar ayatnya dibaca.
Bacaan bisa diatur secara kontinyu persurat. Surat apa yang Anda ingin dengarkan. Atau satu Al Quran penuh. Sehingga Anda yang sedang beraktifitas bisa sambil mendengarkan AlQuran. Jika Handphone Anda berfasilitas MP3, Anda bisa copy MP3 pada CD ke HP Anda.
4.     Sistem Cepat Pencarian Ayat seperti dalam kitab Fathur Rohman.Kitab tersebut pada masanya menjadi senjata bagi siapa saja yang ingin mencari ayat dalam Al Quran. Saat ini, dengan AL QURAN DIGITAL Anda dimudahkan mencari ayat dengan cepat.
5.     Ada 3 pilihan bahasa Arab, Indonesia dan Inggris. Tulis Musa, Anda akan ditunjukkan di ayat berapa saja Musa disebut dalam Al –Quran.
2.     Manfaat dan keunggulan Al-Quran digital
  • Membantu Anda memahami arti Al-Quran walaupun belum pernah belajar bahasa Arab.
  • Mempermudah Anda dalam menghafal Al-Quran.
Audio murottal, visual teks Al Quran dan Terjemahan Perkata yang dimainkan dalam satu waktu menjadikan penggunanya mudah untuk mempelajari dan menghafalkan ayat-ayat Al Quran.
  • Memperbagus cara baca Al Quran Anda sesuai kaidah tajwid
  • Membantu agar bacaan Al Quran Anda terdengar lebih indah
  • Membuat sholat Anda menjadi lebih khusyu’
Dengan mendengar dan meniru murottal Al Quran dari para qari pilihan terbaik di dunia, Anda sangat mungkin untuk menyamai kualitas dalam tajwid dan teknik membaca Al Quran bahkan lebih. Bisa dipastikan, ketika sholat Anda menjadi lebih khusyu’ karena Anda mengerti ayat-ayat Al Quran yang Anda baca.
  • Meningkatkan kecintaan Anda terhadap Al Quran, Karena Cinta Adalah Memahami.
Sebagai bukti bahwa Anda Cinta Al Quran adalah Anda Memahami Al Quran. InsyaAllah dengan QURVID, Anda mampu membuktikannya.

keunggulan 
  • portable
QURVID bisa langsung diputar tanpa proses install, kompatibel dengan berbagai  OS dan Media Player.
Juga portable penggunanya, baik anak-anak maupun dewasa.
  • Mobilitas Tinggi
QURVID dapat dibawa kemana pun dengan handphone* dan laptop. QURVID pun dapat diakses melalui internet. Sesibuk apapun kegiatannya, sangat mungkin untuk menyempatkan diri belajar Al Quran.
  •  Mudah dan Murah
Audio murottal, Teks Al Quran, Terjemah Per-kata dan Terjemah Per-ayat disajikan menjadi video yang apik dengan perpaduan warna background dan teks sehingga sedap dipandang mata, dan sistem pergantian ayat yang otomatis menjadikan QURVID sebagai media pembelajaran Al Quran yang MUDAH. Dan harga yang dipasang termasuk kategori MURAH jika Anda melihat manfaat yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar